Kenali 5 Tanda Metabolisme yang Tidak Sehat
Sumber: Canva.com

Health / 13 June 2024

Kalangan Sendiri

Kenali 5 Tanda Metabolisme yang Tidak Sehat

Aprita L Ekanaru Official Writer
239

Anda pernah merasa cepat lelah, gampang lapar, atau susah fokus? Jangan sedih, Anda tidak sendirian. Faktanya, metabolisme bukan cuma soal berat badan. Meskipun selama ini Anda sering dengar bahwa orang kurus pasti metabolismenya sehat, kenyataannya tidak selalu begitu. Dan kabar baiknya, Anda bisa mengenali tanda-tanda metabolisme yang tidak sehat tanpa harus cek lab selama Anda memahami tanda-tanda vitalnya.

 

Tanda-Tanda Metabolisme Tidak Sehat


1. Mudah Lelah

Mudah lelah atau mengantuk, terutama setelah makan, menandakan tubuhmu tidak dapat menggunakan energi dengan baik. Bukan hanya sesaat setelah makan, tetapi 1-2 jam setelah makan atau bahkan lebih cepat jika kondisimu lebih buruk. Mudah lelah juga bisa menjadi tanda adanya gangguan jantung karena jantung berfungsi mengalirkan oksigen untuk memberi kita energi.

2. Mudah Lapar

Rasa lapar yang berlebihan bukan hanya soal lapar mata. Lapar secara fisik yang membuat Anda merasa gelisah, lemas, atau pusing adalah tanda metabolisme yang tidak sehat. Mengunyah tiap 2-3 jam bukan hal yang normal meskipun sering Anda dengar di iklan. Metabolisme yang sehat seharusnya membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama (5-6 jam), terutama jika memilih makanan yang padat nutrisi bukan padat kalori.

3. Susah Fokus

Susah fokus (brain fog) terjadi saat otak tidak mendapat suplai oksigen yang cukup. Salah satu penyebabnya adalah otakmu ketergantungan pada gula. Makanan atau minuman tinggi gula hanya memberi energi dalam waktu singkat. Terus "memanjakan" otak dengan makanan/minuman tinggi karbohidrat bisa mengakibatkan gangguan kognitif.

4. Susah BAB

Sembelit atau susah BAB bukan hanya karena kurang serat, tetapi juga bisa karena sistem pencernaan yang terganggu. Ini berkaitan dengan keseimbangan hormonal, termasuk hormon tiroid yang sangat berperan dalam metabolisme. Jadi, bagi yang sering susah BAB, jangan asal konsumsi minuman serat.

5. Masalah Kulit

Jerawat, eksim, kulit bersisik, dan masalah kulit lainnya bisa menandakan metabolisme yang tidak sehat. Hampir semua masalah kulit berkaitan dengan kondisi hormonal, terutama insulin, estrogen, dan androgen.

 

Solusi untuk Metabolisme Sehat


Sudah lebih paham kan kalau ini bukan hanya soal timbangan atau bentuk badan? Metabolisme sangat berhubungan dengan hormon, kondisi pencernaan, dan lainnya. Jika kamu merasa punya satu atau lebih tanda yang disebutkan tadi, mulailah perbaiki pola hidupmu dan konsultasikan ke dokter. Ingat, menjaga kesehatan itu pakai pemeriksaan bukan perasaan.

 

BACAAN SELANJUTNYA:

Makan Karbohidrat Tanpa Takut Gemuk, Gimana Caranya?

Lebih dari Sekadar Olahraga, Inilah 5 Cara Bakar Lemak Secara Efektif

Sumber : Dr Hans Kristian Pranoto, CSN, PN1 | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami